Minggu, 21 Juni 2015

CARA BELAJAR??? BAIK ATAU SALAH

10 Aturan Belajar yang Baik
Oleh Barbara Oakley, PhD, PE
1.      Ingat kembali. Setelah membaca sebuah halaman, ingat kembali ide-ide pokoknya tanpa melihat halaman tersebut. Ingat apa yang kamu ingat dan jangan menambahkan hal-hal yang tidak kamu ingat. Ingat kembali ide-ide pokoknya ketika kamu berjalan ke kelas atau didalam ruangan yang berbeda dari tempat dimana kamu mendapat materi tersebut. Kemampuan untuk mengingat kembali- untuk menghasilkan ide-ide dalam dirimu- adalah salah satu kunci indikator dari belajar yang baik.
2.      Ujilah dirimu. Pada segala hal. Setiap waktu. Kartu belajar adalah temanmu.
3.      Fokuskan masalahmu. Fokus pada satu hal adalah memahami dan berlatih dengan suatu solusi masalah sehingga penyelesaian tersebut bisa datang ke pikiran dengan sekejap. Seteleh kamu menyelesaikan suatu masalah, berlatih lagi. Buatlah benar-benar kamu dapat menyelesaikan dengan santai-setiap langkah. Anggaplah itu sebuah lagu dan mendengarkan lagi dan lagi dalam pikiranmu, agar informasi tersebut menyatu dengan halus yang bisa kamu gunakan kapanpun kamu mau.
4.      Jarak untuk setiap pengulangan. Bagi belajarmu pada pelajaran apapun sedikit demi sedikit setiap hari, seperti altit. Otakmu seperti otot – ia bisa menerima hanya beberapa dari latihan pada satu pelajaran dalam satu waktu.
5.      Alternatif tehnik penyelesaian yang berbeda pada soal latihanmu. Jangan latihan terlalu lama dengan menggunakan satu teknik setelah beberapa saat kamu hanya mengulangi apa yang kamu lakukan sebelumnya. Campurkan dengan teknik yang berbeda. Ini mengakjarkanmu bagaimana dan kapan menggunakan suatu teknik. (buku pada umumnya dibuat bukan untuk ini, sehingga kamu akan perlu melakukan sendiri). Setelah setiap tugas dan ujian, perhatikan kesalahan, anggap kamu mengerti mengapa kamu melakukan kesalahan, lalu kerjakan dengan cara yang benar. Agar belajar lebih efektif, tulis tangan (jangan diketik) suatu masalah pada kartu belajarmu dan solusinya disebaliknya. (Tulis tangan membangun ingatan yang lebih kuat daripada diketik). Kamu dapat juga memfoto kartu belajarmu jika ingin belajar dari aplikasi smartphone. Ambil pertanyaan secara acak dengan tipe masalah yang berbeda. Cara lain adalah dengan membuka halaman buku bebas, ambi suatu soal, dan lihat apakah kamu bisa menyelesaikan soal itu tapi kesulitan.
6.      Istirahat. Hal biasa jika tidak bisa menyelesaikan masalah  atau menerima konsep dalam matematika atau ilmu pengetahuan alam untuk pertama kalinya. Ini mengapa belajar sedikit demi sedikit setiap hari lebih baik daripada mempelajari semuanya dalam satu waktu. Ketika kamu telah kesulitan dengan masalah matematika atau ilmu pengetahuan alam, istirahatlah, agar bagian lain dari pikiranmu dapat mengambil alih dan bekerja secara tidak disadari.
7.       Gunakan pertanyaan yang dijelaskan dan analogi sederhana. Setiap kamu kesulitah dengan sebuah konsep, pikirkan dirimu sendiri, “Bagaimana aku menjelaskan ini agar hingga anak 10 tahun bisa memahami itu?”. Gunakan analogi yang benar-benar membantu, seperti kata-kata bahwa listrik mengalir seperti air mengalir. Jangan hanya memikirkan penjelasanmu- utarakan atau tuliskan. Usaha tersebut memungkinkan kamu lebih memahami apa yang kamu pelajari .
8.      Fokus. Matikan semua hal yang mengganggu dan alarm dari handphone dan komputermu., dan nyalakan pengingat waktu untuk 25 menit. Fokuslah selama 25 menit dan cobalah untuk mengerjakan semampumu. Setelah waktu habis, beri hadiah pada dirimu sendiri. Lakukan beberapa kali sehari dan menberikan kemajuan kedepan. Coba untuk menata waktu dan ruang dimana belajar-bukan melirik komputer atau handphone-hanya lakukan sesuatu seperti biasa.
9.      Makan yang besar terlebih dulu.  Kerjadi dari yang tersulit ke yang mudah dalam sehari ketika kamu dalam keadaan bugar.
10.  Buat pembanding mental. Bayangkan dimana kamu datang dan bandingkan dengan impianmu  dimana belajarmu akan membawamu. Pasang gambar atau kata-kata di ruang belajarmu sebagai pengingat mimpimu. Lihatlah itu ketika kamu merasa kurang motivasi. Ini akan membayar hasil usahamu dan orang yang kamu cintai.

10 Aturan Belajar yang Salah

1.      Pasif membaca. Duduk dengan membaca kembali akan mengabiskan waktu kalau tidak dengan mengingat ide pokok dan melihat halamannya.
2.      Memberikan tanda akan membebanimu. Menandai bacaan membuatmu berpikir kamu sedang memasukkan ilmu ke dalam otak, yang sebenarnya kamu lakukan hanya menggerakkan tangan. Sedikit tanda tidak masalah-kadang bisa membantu menandai hal yang penting. Tapi jika kamu menandai sebagai alat pengingat, maka pasti yang ditandai akan juga masuk ke otak.
3.      Melihat permasalahan dan berpikir bahwa bisa melakukannya. Ini adalah satu kesalahan fatal para siswa ketika belajar. Kamu perlu menyelesaikan masalah langkah demi langkah, tanpa melihat jawabannya.
4.      Tunggu sampai menit terakhir pelajaran. Apakah kamu akan latihan pada menit terakhir jika kamu berlatih untuk lomba lari? Otakmu seperti otot- itu hanya terbatas bisa berlatih beberapa dari satu mata pelajaran pada satu waktu.
5.      Mengulang penyelesaian masalah dari tipe soal yang sebenarnya kamu sudah tau caranya. Jika kamu hanya mengerjakan masalah dengan penyelesaian yang sama selama latihanmu, kamu tidak akan benar-benar siap untuk tes. Seperti persiapan untuk pertandingan besar basket hanya dengan berlatih menggiring bola.
6.      Membiarkan waktu belajarmu untuk berbincang bersama teman. Lihat latihan soal dengan teman, dan memberi pertanyaan pada teman tentang apa yangkamu tahu, bisa membuat belajar menyenangkan, menunjukkan kekuranganmu dalam berpikir, dan  memperdalam belajarmu. Tetapi jika sesi belajarmu berubah jadi menyenangkan sebelum pekerjaan itu selesai, maka kamu hanya membuang-buang waktu dan kamu harus mencari grup belajar lainnya.
7.      Mengabaikan membaca buku sebelum mengerjakan soal. Akankah kamu pergi berenang sebelum kamu tahu bagaimana cara berenang? Buku adalah instruktur berenangmu-membantu kamu menuju jawaban yang benar. Kamu akan bersusah payah dan menghabiskan waktu  jika kamu tidak mau membaca terlebih dulu. Namun sebelum membaca, lihat sekilah soal untuk tahu secara umum.
8.      Tidak bertanya pada pelatih atau teman bagian yang kamu bingungkan.  Guru sering kehilangan murid yang datang untuk pembibingan- itu adalah pekerjaan mereka untuk membantumu. Murid-murid yang dikhawatirkan  adalah mereka yang tidak bertanya. Jangan jadi murid yang seperti itu.
9.      Berpikir kamu sudah belajar mendalam ketika terpecah konsentrasimu. Setiap kali terganggu oleh sms atau percakapan berarti kamu kehilangan perhatian otak sedikit. Setiap tarikan yang mengganggu perhatianmu menarik sedikit daya ingatmu sebelum mereka bisa tumbuh.

10.  Tidak cukup tidur. Bagian-bagian otakmu bersama sama memecahkan masalah ketika kamu tidur, dan juga berlatih dan mengulangi apapun yang kamu masukan dalam otak sebelum kamu tertidur. Kelelahan yang berlanjut membuat racun menumpuk pada otak yang mengganggu saraf penghubungyang kamu perlukan untuk berpikir cepat dan baik. Jika kamu tidak cukup tidur  sebelum tes, APAPUN YANG KAMU TELAH LAKUKAN AKAN BERMASALAH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar